Cara Membuat Rekening Pribadi pada Excel 2007

pada zaman sekarang ini, hampir setiap manusia di bumi memiliki rekening. lalu, apa sih rekening itu? rekening dapat dikatakan seperti dompet. dompet yang dapat dibawa kemana-mana. untuk saat ini lebih trend dengan sebutan ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine). sudah pahamkah mengenai rekening?

jika belum, segeralah untuk membuatnya di bank terdekat sekitar anda. karena dengan adanya rekening, kita dapat mengontrol arus kas yang keluar maupun masuk ke rekening. oke, untuk postingan sekarang saya akan membahas mengenai cara membuat rekening pribadi pada excel 2007.

share trik Cara Membuat Rekening Pribadi pada Excel 2007Lho kenapa kok malah judul itu yang diambil? sebenarnya sederhana saja menjawab pertanyaan tersebut. karena saya ingin mengontrol arus keuangan pribadi saya sendiri. gaji dari hasil kerja saya gunakan untuk apa saja. sehingga, nantinya jelas mengenai belanja yang kurang sesuai akan dilakukan evaluasi. mana yang butuh, dan mana yang perlu.

tanpa panjang lebar, simak saja langkah sederhana dengan menggabungkan beberapa fungsi dari rumus excel 2007 yang pernah saya jelaskan. simak yah.

1. buatlah tampilan seperti dibawah ini ya.

cara membuat rekening pribadi pada excel 2007
keterangan:
format cell pada baris 4,5,6 kolom B adalah number. dengan cara di blok terlebih dahulu, klik kanan para area yang di blok tadi -> format cell -> number -> currency (jangan pake simbol Rp ya).

selanjutnya untuk baris 9 s/d 19 :
kolom A, formatnya ialah date. blok baris 9 s/d 19 kolom A -> klik kanan -> format cell -> custom -> pada kolom type, ketikkan dd mmm'yy -> OK.

Kolom B dan C, formatnya general saja.

Kolom D, tentu karena judulnya nominal ya isinya harus mengenai angka atau number.

untuk kolom jenis, dapat memanfaatkan conditional formatting untuk keperluan bisnis dengan kombinasi membuat list data pada sel. ubah sesuai kreatifitas anda yah. mau mencontoh? boleh kok.



2. tingkat lanjut dari penggunaan rumus diatas yaitu. misalkan data pada tiap cell telah di isi.

bagaimana? penasaran dengan rumusnya yah?
teknik apa saja yang dilakukan?

lanjut lihat tutorial cara membuat rekening pribadi pada excel 2007 pada nomor ke 3.












3. saya kemudian menampilkan rumus (show formula) sehingga kamu dapat melihat secara jelas rumus sederhana yang saya gunakan.


keterangan :
untuk baris 4,5,6 kolom B. saya menggunakan fungsi sumif. untuk range dan sum_range saya kunci (tekan tombol F4 pada saat kursor ada di sel tersebut. dengan maksud, agar data yang dimaksud valid dan tidak bergeser ke arah sel lain.

kolom tanggal, saya menggunakan rumus now. untuk mengetahui tanggal sekarang. untuk tanggal selanjutnya tinggal ditambah sesuai kebutuhan.

sekian trik singkat saya dalam cara membuat rekening pribadi pada excel 2007. terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

Semoga Tutorial, Panduan merancang Formula atau Rumus Tips dan Trik dalam Belajar serta cara mengoptimalkan fungsi dasar Microsoft Excel 2007 untuk bisnis bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan sebisa dan secepat mungkin nanti akan saya tanggapi.

Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sampaikan kritik dan saran anda buat kami.