Memanfaatkan Conditional Formatting untuk Keperluan Bisnis

Pada kesempatan ini, Info Excel akan memberikan sebuah tips yang sangat sederhana, tapi jarang digunakan. Sebenernya ini perlu untuk menjadi “TELITI”. Mungkin karena kecapekan bekerja, sehingga mata lelah melihat layar monitor netbook (pengalaman pribadi Info Excel pada 2 tahun silam yang tidak patut dicontoh ya??).

Begini ceritanya…

Pada malam itu, Info Excel harus menyelesaikan deadline tugas dari kantor. Dimana membutuhkan konsentrasi tinggi dalam menyusun sebuah RAB (Rencana Anggaran Biaya) sebuah penawaran pekerjaan konstruksi (tapi, untuk saat ini Info Excel sudah beralih ke bagian Pelayanan pada perusahaan jasa).

Karena rasa capek yang kebangetan serta belum mandi dari tadi pagi sampe malem rasa kantuk mulai hinggap di pelupuk mata. Dan sampai akhirnya, Info Excel memasukkan value (nilai) yang salah pada alamat sel. Hal ini telah membuat semuanya FATAL. Nanti klo kebanyakan cerita malah gak jadi menuliskan trik ini,,hehe


Lanjut ke judul yaa?? Untuk kali ini, Info Excel menggunakan Microsoft Office 2007. Berikut gambaran dalam Memanfaatkan Conditional Formatting untuk Keperluan Bisnis :
 
1.    Pertama dan utama ialah harus terinstal Microsoft Office 2007 – Klik Microsoft Excel 2007.
2.    Blok Cell yang akan di kondisikan.

3.    Pada tab Home – Klik Conditional Formatting New Rule.

Conditional Formatting

4.   Kemudian, lihat gambar berikut :
format only cell that contain


5.   Ubah sesuai gambar dibawah ini yaa

format only cell with


option format only cell with

6.    Pada tab Font dan Fill, dapat dirubah sesuai selera.

7.    dan,,bim salaabim.

  
untuk selanjutnya, anda bisa mengedit sesuai keperluan. Terima Kasih.

Kamu bisa juga liat videonya untuk Mewarnai sel dengan Kondisi tertentu.

Semoga Tutorial, Panduan merancang Formula atau Rumus Tips dan Trik dalam Belajar serta cara mengoptimalkan fungsi dasar Microsoft Excel 2007 untuk bisnis bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan sebisa dan secepat mungkin nanti akan saya tanggapi.

Comments