cara menghitung bilangan pangkat dan akar pada excel 2007

kenapa saya membuat tulisan mengenai pangkat dan akar? jawabnya simpel sekali. ada seorang teman, sewaktu zaman SMA dulu (walaupun saya bukan SMA, tapi SMK). teman saya bertanya mengenai perhitungan excel 2007 menggunakan rumus untuk pangkat dan akar. ya, mungkin dia sedang dalam permasalahan dengan perhitungan rumus akar excel dan pangkat. sekalian saja, dari apa yang telah saya sampaikan ke teman saya. saya akan share juga cara mencari akar di excel dengan pembaca blog setia dari info excel. hehe (baca juga : Apa itu Range? dan ubah simbol dollar ke rupiah)

cara mencari akar di excel, bilangan pangkat, bilangan akar, fungsi pangkat, fungsi akar, pangkat excel, akar excel,rumus akar dan pangkat excel,rumus akar di excel,cara mengkuadratkan di excel
rumus akar dan pangkat excel
untuk bagian pertama, saya akan mengulas mengenai perhitungan bilangan pangkat pada excel 2007 adalah sebagai berikut :

1. dengan tanda ^ (pangkat atau kuadrat)

dapat untuk melakukan perhitungan bilangan pokok yang dengan tanda ^ kemudian besarnya angka (pangkat atau kuadrat). biasanya ada pada keyboard di angka 6, ada kan? cara menampilkannya tekan secara bersamaan tombol Shift+angka 6. mudah kan?


rumus pangkat di excel atau lawan dari akar di excel 2007 dapat diartikan bahwa perkalian dengan angka yagn sama pada excell misalnya seperti pangkat 4. dibawah ini dalam merumuskan cara penulisan pangkat 2 mencari jawabannya.

berikut ini merupakan sample (syntax formula) yang coba pada Excel:

=2^3 (apabila dibaca menjadi "dua pangkat tiga")
=5^2 (apabila dibaca menjadi "lima kuadrat atau lima pangkat dua")

berikut screen shotnya

rumus pangkat, rumus pangkat 3, rumus pangkat pecahan, rumus pangkat di excel, rumus pangkat excel, rumus pangkat 2, rumus pangkat tak sebenarnya, rumus pangkat rasional, rumus pangkat bulat negatif






tentu teman-teman tidak menyangka bahwa dapat melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus untuk mencari nilai pangkat dari sebuah angka. ada 2 (dua) jenis rumus yang mudah untuk di praktekkan. simak tutorial excel berikut ini.



2. Dengan rumus POWER


menggunakan rumus POWER Excel dapat mengetahui nilai pangkat dari suatu bilangan yang dicari. berikut ini saya contohkan penggunaan rumus power pada excel dengan syntax sebagai berikut:



=POWER(bilangan pokok; bilangan pangkat)

Contoh Penggunaan rumus power dalam excel:
=POWER(2;3)
=POWER(5;2)

rumus POWER excel ,rumus power pada excel, rumus power dalam excel, fungsi rumus power pada excel, rumus power di excel
rumus POWER






3. Dengan rumus Natural Logarithm pada angka

cara kedua agak sedikit ribet bin njlimet mengenai rumus log natural di excel, yaitu perpaduan dari rumus EXP dengan rumus LN (Natural Logarithm) pada angka yang dipangkatkan. berikut contoh sederhana penggunaannya dengan syntax sebagai berikut:

=EXP(angka pangkat * LN(angka pokok)

Contoh Penggunaan pada workbook Excel:
=EXP(3 * LN(2))
=EXP(2 * LN(5))

rumus Natural Logarithm excel, rumus log natural di excel, formula for natural log in excel, rumus logaritma natural di excel, rumus anti logaritma natural di excel, rumus logaritma natural excel
rumus Natural Logarithm







setelah menghitung pangkat dari sebuah bilangan, tentunya ada lawannya dong. setiap rumus pasti memiliki lawan yaitu untuk kasus disini dengan menghitung akar dari bilangan tersebut. Pangkat vs akar. untuk bagian kedua, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. pada bagian kedua saya akan menjelaskan perhitungan akar pada excel 2007.

untun menghitung secara default akar pangkat dua atau akar kuadrat, dapat dengan mudah menggunakan rumus SQRT. penggunaan (syntax) penulisan rumus tersebut juga mudah sekali. berikut contohnya yah kawan
=SQRT(8)
=SQRT(25)

rumus kuadrat di excel, rumus kuadrat di excel 2007, rumus kuadrat di excel 2013, rumus kuadrat di microsoft excel, buat rumus kuadrat di excel, rumus x kuadrat di excel, rumus mencari akar kuadrat di excel, cara memasukkan rumus kuadrat di excel, rumus akar kuadrat di excel, rumus kuadrat dan akar di excel, cara menggunakan rumus akar kuadrat di excel, cara buat rumus kuadrat di excel, cara rumus kuadrat di excel, cara membuat rumus kuadrat di excel, cara memasukan rumus kuadrat di excel, cara menulis rumus kuadrat di excel, cara menghitung rumus kuadrat di excel, rumus kuadrat dalam excel, rumus kuadrat di excel, rumus kuadrat dalam excel 2007, rumus fungsi kuadrat di excel
cara menggunakan rumus akar kuadrat di excel







dalam menghitung akar, tentunya terkadang kita menemui soal yang berbeda. misalnya dengan perhitungan akar pangkat tiga? tentunya tidak bisa menggunakan rumus SQRT, solusinya adalah dengan menggunakan rumus ABS lebih dikenal dengan rumus absolut. penasaran dengan penggunaannya? mari simak saja tutorial penggunaan rumus ABS untuk menghitung akar pangkat tiga atau lebih pada workbook excel 2007 berikut ini.

=ABS(8)^(1/3)
=ABS(65536)^(1/8)

Hasil akan terlihat pada screen shot dibawah ini ya.

rumus ABS excel, fungsi rumus abs excel, fungsi rumus abs di excel, penggunaan rumus abs pada excel, contoh rumus abs di excel, rumus abs di excel, rumus abc di excel, cara menggunakan rumus abs di excel, formula abs do excel, formula abs de excel, formula abs en excel, formula abs excel em ingles, abs formula for excel
penggunaan rumus abs pada excel








Bagaimana? mudah dipahami kan? lanjutkan untuk belajar excel 2007 agar dalam perhitungan akan selalu memperoleh data yang cepat dan tepat. baca juga : cara mengunci sheet di excel 2007.

Semoga Tutorial, Panduan merancang Formula atau Rumus Tips dan Trik dalam Belajar serta cara mengoptimalkan fungsi dasar Microsoft Excel 2007 untuk bisnis bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan sebisa dan secepat mungkin nanti akan saya tanggapi.
Suka artikel ini ?

About Eko Mulyadi

Admin Blog

17 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
4 March 2014 at 07:51

thanks a lot.... nice post

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
7 July 2014 at 08:05

mantap gan ;)
ane terbantu sama rumus agan.
keep posting ya ;)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
7 August 2014 at 11:43

thanks Alot

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
31 August 2014 at 04:36

wow keren..,

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
20 January 2015 at 20:30

ga berlaku di microsoft office 2010 ya?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
28 January 2015 at 02:56

bisa kok, silakan dicoba saja

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
7 May 2015 at 15:47

makasih banyak buat infonya, sangat bermanfaat sekali

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
7 May 2015 at 18:30

Semoga berguna ya gans...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
30 May 2015 at 09:34

menghitung akar-nya gimana gan?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
30 May 2015 at 14:42

silakan dilihat gambarnya :D. ada penjelasan di gambar kok.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
11 October 2015 at 01:14

Trims Ya Gan untuk Info Ilmunya,, Sukses buat Agan,,,,,,, ( lam Kenal aja )

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
4 November 2015 at 12:40

Mas Eco tks, artikelnya sangat membantu.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
7 November 2015 at 10:03

kalo tidak bisa ,,
gmna itu gan,,

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
8 December 2015 at 00:11

thanks gan, sangat membantu buat ngerjain tugas :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
18 January 2016 at 11:30

klo tidak mencoba gimana bisa tahu?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
15 March 2016 at 16:01

thanks mas.. sangat bermanfaat

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
26 April 2016 at 08:38

nice post.. thanks for sharing, really help :)

Balas

Silahkan berkomentar, sampaikan kritik dan saran anda buat kami. Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan