• RSS
Latest Post
Loading...

30 Oct 2013

cara menghitung bilangan pangkat dan akar pada excel 2007

in ABS , absolut , Microsoft Excel 2007
kenapa saya membuat tulisan mengenai pangkat dan akar? jawabnya simpel sekali. ada seorang teman, sewaktu zaman SMA dulu (walaupun saya bukan SMA, tapi SMK). teman saya bertanya mengenai perhitungan excel 2007 menggunakan rumus untuk pangkat dan akar. ya, mungkin dia sedang dalam permasalahan dengan perhitungan akar dan pangkat. sekalian saja, dari apa yang telah saya sampaikan ke teman saya. saya akan share juga dengan pembaca blog setia dari info excel. hehe

bilangan pangkat, bilangan akar, fungsi pangkat, fungsi akar, pangkat excel, akar exceluntuk bagian pertama, saya akan mengulas mengenai perhitungan bilangan pangkat pada excel 2007 adalah sebagai berikut :

1. dengan tanda ^
dapat untuk melakukan perhitungan bilangan pokok yang dengan tanda ^ kemudian besarnya angka (pangkat).

berikut ini merupakan sample (syntax) yang coba pada Excel:

=2^3
=5^2

berikut screen shotnya

rumus pangkat, rumus pangkat 3, rumus pangkat pecahan, rumus pangkat di excel, rumus pangkat excel, rumus pangkat 2, rumus pangkat tak sebenarnya, rumus pangkat rasional, rumus pangkat bulat negatif






tentu teman-teman tidak menyangka bahwa dapat melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus untuk mencari nilai pangkat dari sebuah angka. ada 2 (dua) jenis rumus yang mudah untuk di praktekkan. simak tutorial excel berikut ini.



2. Dengan rumus POWER

menggunakan rumus POWER dapat mengetahui nilai pangkat dari suatu bilangan yang dicari. berikut ini saya contohkan penggunaan rumus POWER dengan syntax sebagai berikut:

=POWER(bilangan pokok; bilangan pangkat)

Contoh Penggunaan pada workbook Excel:
=POWER(2;3)
=POWER(5;2)

rumus pangkat, rumus pangkat 3, rumus pangkat pecahan, rumus pangkat di excel, rumus pangkat excel, rumus pangkat 2, rumus pangkat tak sebenarnya, rumus pangkat rasional, rumus pangkat bulat negatif 





3. Dengan rumus Natural Logarithm pada angka
cara kedua agak sedikit ribet, yaitu perpaduan dari rumus EXP dengan rumus LN (Natural Logarithm) pada angka yang dipangkatkan. berikut contoh sederhana penggunaannya dengan syntax sebagai berikut:

=EXP(angka pangkat * LN(angka pokok)

Contoh Penggunaan pada workbook Excel:
=EXP(3 * LN(2))
=EXP(2 * LN(5))

rumus pangkat, rumus pangkat 3, rumus pangkat pecahan, rumus pangkat di excel, rumus pangkat excel, rumus pangkat 2, rumus pangkat tak sebenarnya, rumus pangkat rasional, rumus pangkat bulat negatif 





setelah menghitung pangkat dari sebuah bilangan, tentunya ada lawannya dong. setiap rumus pasti memiliki lawan yaitu untuk kasus disini dengan menghitung akar dari bilangan tersebut. Pangkat vs akar. untuk bagian kedua, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. pada bagian kedua saya akan menjelaskan perhitungan akar pada excel 2007.

untun menghitung secara default akar pangkat dua atau akar kuadrat, dapat dengan mudah menggunakan rumus SQRT. penggunaan (syntax) penulisan rumus tersebut juga mudah sekali. berikut contohnya yah kawan
=SQRT(8)
=SQRT(25)

rumus akar, rumus akar kuadrat, rumus akar pangkat 3, rumus akar persamaan kuadrat, rumus akar pada excel, rumus akar excel, rumus akar kuadrat matematika, rumus akar pangkat dua, rumus akar dan pangkat 




dalam menghitung akar, tentunya terkadang kita menemui soal yang berbeda. misalnya dengan perhitungan akar pangkat tiga? tentunya tidak bisa menggunakan rumus SQRT, solusinya adalah dengan menggunakan rumus ABS lebih dikenal dengan rumus absolut. penasaran dengan penggunaannya? mari simak saja tutorial penggunaan rumus ABS untuk menghitung akar pangkat tiga atau lebih pada workbook excel 2007 berikut ini.

=ABS(8)^(1/3)
=ABS(65536)^(1/8)

Hasil akan terlihat pada screen shot dibawah ini ya.

rumus akar, rumus akar kuadrat, rumus akar pangkat 3, rumus akar persamaan kuadrat, rumus akar pada excel, rumus akar excel, rumus akar kuadrat matematika, rumus akar pangkat dua, rumus akar dan pangkat





Bagaimana? mudah dipahami kan? lanjutkan untuk belajar excel 2007 agar dalam perhitungan akan selalu memperoleh data yang cepat dan tepat.

Semoga Tutorial, Panduan merancang Formula atau Rumus Tips dan Trik dalam Belajar serta cara mengoptimalkan fungsi dasar Microsoft Excel 2007 untuk bisnis bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan sebisa dan secepat mungkin nanti akan saya tanggapi.

3 komentar

thanks a lot.... nice post

mantap gan ;)
ane terbantu sama rumus agan.
keep posting ya ;)

Silahkan berkomentar, sampaikan kritik dan saran anda buat kami.

 
Copyright © 2014 Info Excel Blog - All rights reserved