cara print excel agar judul berulang di setiap halaman secara otomatis

cara print excel agar judul berulang di setiap halaman secara otomatis menjadi tips microsoft excel selanjutnya di Info Excel Blog sekarang ini. Cara membuat judul tabel yang bisa berulang secara otomatis yang telah ditentukan pada halaman microsoft excel akan terasa sekali manfaatnya ketika sedang bekerja dengan tabel excel dalam cara print excel dokumen yang banyak sekaligus. Tabel dengan baris yang banyak sehingga mencapai beberapa halaman secara otomatis.

Apabila dilakukan secara manual, berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencetak semua pekerjaan tersebut? Coba anda bayangkan ketika mengerjakan hal tersebut, ketika membuat tabel dengan jumlah baris mencapai ribuan. Tentunya memerlukan beberapa halaman excel pada sheet tertentu. Manfaatnya yaitu ketika judul tabel hanya terdapat di halaman awal saat ngeprint maka akan membuat bingung bagi si pembaca untuk memahami apa judul tabel di halaman selanjutnya. Lain cerita jika di setiap halaman terdapat judul pada tabel sehingga memudahkan pembaca untuk memudahkan dalam pemahaman isinya. Tetapi, jika judul tabel tersebut harus dibuat secara manual tentu akan menjadi pekerjaan yang merepotkan dan membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Oleh karena itu, kali ini Info Excel Blog akan berbagi tips microsoft excel tentang bagaimana membuat tabel yang panjang dan berulang akan memiliki judul tabel yang secara otomatis terdapat di setiap awal halaman secara otomatis. Dan seperti biasa, tips yang bisa dikerjakan di excel 2007, 2010, maupun 2013 ini cukup mudah untuk dipahami baik yang baru belajar sekalipun.

Disini anggaplah tabel yang dimaksud telah jadi dan siap print, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Aktifkan "ribbon Page Layout" dengan cara mengklik tab menu "Page Layout"
2. Klik "Print Titles"

cara print excel agar judul berulang di, cara print excel agar judul berulang di setiap halaman secara otomatis, cara print excel dengan judul yang sama,
cara print excel agar judul berulang di setiap halaman secara otomatis


3. Terbukalah jendela "Page Setup", klik tab "Sheet"
4. Pada "Print titles" isikan:
    a. Rows to repeat at top : Nama baris yang berisikan judul tabel
    b. Columns to repeat at left : Nama kolom yang berisikan judul tabel
Penulisan masing-masing dengan diawali tanda "$". Semisal barisnya adalah dari baris 2 sampai 4 maka ditulis : $2:$4.
5. Klik OK

Sudah hanya 5 langkah itu aja kok, sangatlah gampang dan simpel sekali bukan? sekarang coba print preview terlebih dahulu lembar kerja excel sebelum dicetak, maka judul tabel akan otomatis terdapat di setiap halaman, seberapa panjang pun tabel di lembar kerja excel Anda.

Itulah bagaimana cara membuat judul tabel di microsoft excel menjadi muncul secara otomatis di setiap halaman excel. selamat mencoba ya!

Semoga Tutorial, Panduan merancang Formula atau Rumus Tips dan Trik dalam Belajar serta cara mengoptimalkan fungsi dasar Microsoft Excel 2007 untuk bisnis bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan sebisa dan secepat mungkin nanti akan saya tanggapi.

Comments