Membuat Laporan Penjualan Barang Elektronik

Pada kesempatan ini, @infoexcel07 akan membahas mengenai studi kasus dalam membuat laporan penjualan barang elektronik. Laporan penjualan penting untuk diketahui seberapa besar permintaan pada periode tertentu agar dalam periode berikutnya dapat dilakukan peramalan untuk menyiapkan stok demi tercapainya target penjualan yang diperoleh masing-masing sales officer. informasi tersebut meliputi :

  1. Jumlah penjualan yang diperoleh sales office baik untuk masing-masing tipe barang maupun total.
  2. jumlah rata-rata penjualan baik untuk masing-masing tipe barang maupun total keseluruhan.
  3. jumlah penjualan tertinggi yang diperoleh sales officer untuk masing-masing tipe barang.
  4. jumlah penjualan terendah yang diperoleh salesoffice untuk masing-masing tipe barang.
  5. proporsi penjualan yang dicapai oleh sales officer untuk masing-masing tipe barang maupun total.
sobat @infoexcel07 diminta untuk membuat laporan penjualan barang elektronik dengan bentuk seperti layout dibawah ini :

Membuat_Laporan_Penjualan_Barang_Elektronik_1

Penyelesaian
data yang tersedia adalah sebagai berikut :

Membuat_Laporan_Penjualan_Barang_Elektronik_2

untuk menyelesaikan studi kasus tersebut diatas, dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Buka program aplikasi Microsoft Excel 2007.
  2. buatlah layout semirip mungkin dengan gambar layout seperti diatas atau dapat download file.
  3. untuk mengetahui presentase berapa besarnya fee yang diterima tuliskan rumus =C7/C$16 pada cell D7. Copy dan paste special – formula dari cell D8:D15. lakukan hal yang sama pada kolom F7:F15, H7:H15, J7:J15, L7:L15, dan N7:N15.
  4. pada kolom TOTAL, pada cell M7 dapat dituliskan rumus =C7+E7+G7+I7+K7. copy dan paste special – formula pada cell M8:M15.
  5. pada baris (row) Total, agar mengetahui total dari row 7 sampai dengan row 15 dapat menuliskan rumus =SUM(C7:C15) pada cell C16. hal yang sama juga lakukan copy + paste special – formula untuk cell E16, G16, I16, K16 dan M16.
  6. baris rata-rata digunakan untuk mengetahui berapa penjualan rata-rata dari beberapa sales officer per tipe barang. rumusnya =AVERAGE(C7:C15) pada cell C17. hal yang sama juga lakukan copy + paste special – formula untuk cell E17, G17, I17, K17 dan M17.
  7. Penjualan maksimum dimanfaatkan untuk memberikan informasi mengenai fee tertinggi yang diterima oleh sales officer PT. PENJUALAN ELEKTRONIK. rumusnya seperti ini ya =MAX(C7:C15) yang dituliskan di cell C18. hal yang sama juga lakukan copy + paste special – formula untuk cell E18, G18, I18, K18 dan M18.
  8. Penjualan minimum dimanfaatkan agar mengetahui kinerja sales officer yang masih kecil. dengan adanya informasi tersebut diharapkan kinerja dari sales officer terus bersaing sehingga memberikan keuntungan maksimal bagi perusahaan dan juga sales officernya. rumus singkatnya sebagai berikut =MIN(C7:C15) yang di inputkan pada cell C19. hal yang sama juga lakukan copy + paste special – formula untuk cell E19, G19, I19, K19 dan M19.
hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Membuat_Laporan_Penjualan_Barang_Elektronik_3

secara keseluruhan, EKO MULYADI dapat dikatakan menjadi The Best Sales Officer pada studi kasus penjualan barang elektronik. memang sederhana sekali, tapi manfaat yang dirasakan tentunya lebih dari sebuah kata sederhana bukan? semoga tutorial singkat yang @infoexcel07 sampaikan ini dapat bermanfaat di dunia nyata.

Comments

  1. langsung di coba gan, cz rumus excel gak hapal banget. thx

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sampaikan kritik dan saran anda buat kami.