Formula atau Rumus pada Excel


Formula atau rumus adalah interuksi matematis dalam suatu sel/ range pada lembar kerja dengan operator aritmatik +, -, *, /, dan ^. Rumus bisa juga berarti alat untuk melakukan penghitungan terhadap nilai yang ada pada sel tertentu seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, atau bahkan analisis data pada lembar kerja.
formula rumus microsoft excel
Formula yang terdiri dari beberapa macam operator aritmatik, akan diproses oleh excel sesuai hirarki atau urutan prioritas sebagai berikut :

Untuk perhitungan yang berada di dalam kurung, Excel akan memproses terlebih dahulu

-  Perpangkatan (^), perkalian (*), pembagian (/)
-  Penambahan (+), pengurangan (-)

formula rumus microsoft excel
 
Contoh : dalam gambar berikut ini pada sel F3 terdapat rumus =D5*E5. Artinya, isi sel D3 dikalikan dengan isi sel E3 dan hasilnya ditempatkan pada sel F3.
Prosedur penulisan rumus tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Arahkan atau ketik mouse pada sel F3
2.      Ketik tanda = (sama dengan)
3.      Pilih atau klik sel D3
4.      Ketik tanda * (kali)
5.      Pilih atau klik E3
6.      Akhiri dengan tekan tombol ENTER.

Penulisan rumus dengan cara menunjuk atau mengacu ke alamat sel akan dapat memperkecil kemungkinan salah ketik. Jika isi sel tersebut digeser atau diperbarui isinya, rumus yang mengacu ke sel tersebut akan berubah secara otomatis.

Salam Blogger

Comments

  1. salam kenal dan salam blogwalking :D

    hemmm, bagus juga untuk yang masih pemula di ms excel
    ditunggu ya tutorial informatifnya yang lain :)


    thx

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sampaikan kritik dan saran anda buat kami.