Optimalisasi rumus fungsi sum, if, dan average pada microsoft excel 2007

Bagaimana kabarnya sobat #InfoExcel ? mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat, bagi yang sakit semoga segera diberi kesembuhan, bagi yang belum dapet jodoh semoga dipertemukan. maaf kok mimin jadi ngawur gini, lanjut ke topiknya ya. setelah sekian lama mimin gk update mengenai Tips dan Trik Excel, kali ini #InfoExcel akan memposting artikel mengenai optimalisasi rumus fungsi if, sum dan average secara bersamaan dengan penyampaian yang sangat sederhana sehingga mudah untuk dipahami oleh para sobat #InfoExcel.
Penasaran? cekidot deh ya

1. langkah pertama dan utama ialah harus ada aplikasi microsoft office excel 2007 (biar sama dan gak bingung).

2. buatlah data nilai seperti di bawah ini.
 data nilai siswa

3. Kemudian, isilah data tersebut. Bisa sobat #InfoExcel mengarangnya sendiri, atau mengikuti tutorial ini agar memudahkan pemahaman terlebih dahulu. Selanjutnya, kreasikan ide dari sobat tersebut.

data nilai siswa setelah di isi


4. pada kolom "ket" baris ke 8, masukan logika dari rumus fungsi IF dengan nilai diatas 70 akan LULUS, dan nilai dibawah 70 akan GAGAL.

logika if

selanjutnya, isi logika tersebut ke dalam rumus.

penulisan rumus fungsi if

setelah jadi, tinggal copas aja ke bawah. biar cepet. hehehe :D :D

5. Lalu, penulisan rumus sum.

penulisan rumus sum

6. dan terakhir penulisan rumus average (rata-rata). untuk mengetahui nilai rata-rata tiap anak dalam satu kelas terutama mata pelajaran matematika.

penulisan rumus average

7. dan sekarang telah selesai.

maaf ya klo gambarnya jadi tutorialnya masih acak-acakan dna gak rapi. namanya juga tutorial. hehe

Oh iya, untuk memudahkan pemahaman kalian. mimin juga punya dalam bentuk videonya lho. Lihat VIDEO Optimalisasi rumus fungsi sum, if, dan average pada microsoft excel 2007.

Semoga Tutorial, Panduan merancang Formula atau Rumus Tips dan Trik dalam Belajar serta cara mengoptimalkan fungsi dasar Microsoft Excel 2007 untuk bisnis bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan sebisa dan secepat mungkin nanti akan saya tanggapi.

Comments

  1. kombinasi yang bagus, keep posting

    ReplyDelete
  2. rumus rumu excel dasar seperti SUM AVERAGE sagt membantu pekerjaan sehari hari speri seorang guru dalam mengolah nilai siswa. tutorial semacam ini pasti banyak yang membutuhkan. thank

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sampaikan kritik dan saran anda buat kami.