Trik Shorcut AutoSum

pekerjaan menjumlahkan pada microsoft excel merupakan pekerjaan paling mudah dengan menggunakan fungsi sum. pekerjaan tersebut akan menjadi lebih mudah apabila anda memiliki data yang relatif sedikit (misalkan jumlah baris kurang dari 50) cukup dengan mengetikan formula :
=sum(baris_1:baris_50)

perlu diketahui dalam penggunaan excel harus efektif dan efisien sehingga pekerjaan akan menjadi lebih mudah tanpa sedikit kerepotan apabila jumlah baris yang harus dijumlahkan cukup banyak (misalkan 10000 baris atau lebih atau 1500 kolom). akan sedikit mengalami kerepotan karena harus menyeleksi (melakukan blok) pada cell karena jangkauan yang banyak.

pertanyaannya yang muncul adalah bagaimana menjumlah dengan cara cepat untuk kolom atau baris? jawabannya ADA, anda hanya cukup menekan 2 buah tombol yang ditekan secara bersamaan pada keyboard sebagai shortcut autosum anda.

sebagai contoh, info-excel memiliki data sebagai berikut :
 
Trik Shorcut AutoSum

untuk mengisi kolom Jan secara otomatis letakkan pointer mouse pada cell B9 kemudian menekan tombol Alt+= (tanpa tanda +) secara bersamaan. makan fungsi autosum akan berjalan secara otomatis.

ulangi langkah tersebut sesuai dengan kebutuhan anda dengan mengetahui Trik Shorcut AutoSum.




Comments