FUNGSI INDEX

Fungsi Index pada microsoft excel pada umumnya digunakan sebagai penampil data dari sebuah sel yang ditentukan oleh baris dan kolom dalam suatu tabel yang telah diseleksi sebelumnya. Fungsi Index masih tergolong pada fungsi lookup dan referensi. Penggunaan yang lebih spesifik akan membantu menjadikan pekerjaan pembacaan sel lebih mudah.
Secara umum penulisan rumus fungsi index adalah sebagai berikut :
=INDEX(array;row_num;column_num)
Keterangan :
- Array : area yang telah diseleksi dan dijadikan sebagai isi tabel.
- Row_num : letak data yang berdasarkan pada nomor baris data yang akan ditampilkan setelah pencarian mengacu pada array.
- Column_row : letak data yang berdasarkan pada nomor kolom data yang akan ditampilkan setelah pencarian mengacu pada array.
 
FUNGSI INDEX

contoh penerapan kasus seperti diperlihatkan pada gambar diatas, posisi nomor baris dan kolom diganti dengan pilihan range C18:D18 dengan memilih wilayah dan bulan. pilihan tersebut selanjutnya akan dicari posisi nomor baris dan nomor kolom seperti diperlihatkan pada range C22:D22. berdasarkan data pada tabel atau array dan posisi baris serta kolom, pada alamat sel E18 diketahui hasil sesuai dengan pilihan. selamat mencoba.






Comments