Cara Menghitung Diskon Excel 2007

siapa pembeli yang tidak menyukai kata DISKON ? menjelang akhir tahun biasanya di mall, supermarket, dan tempat perbelanjaan akan ramai dikunjungi pembeli. mengapa demikian? karena pembeli akan menikmati sebuah potongan harga dari produk, sehingga biaya yang dikeluarkan semakin kecil. Info Excel akan berbagi trik mengenai cara mencari diskon dengan cepat pada Excel 2007. Anda dapat menghitung dengan cepat dan tepat untuk biaya yang dikeluarkan.


diskon, discount, menghitung diskon, soal diskon, rumus diskon, cara mencari diskon
contoh kasus yang saya akan bagi ialah hal yang umum. mengenai perbelanjaan, produk di mall. sebagai contoh saya pas membeli sepatu yang bertuliskan diskon 50%. saya liat sepatunya, dalam hati ok sih. terus ya, seperti yang lainnya. mata saya tertuju pada angka diskon 50% tersebut.haha

dari harga awal Rp 250.000 di kurangi dengan diskon 50%. akan dihitung secara cepat melalui excel. berikut contoh soal ms excel yang akan saya bagikan triknya dalam cara menghitung diskon pad amicrosoft excel 2007 :

1. buka program aplikasi microsoft excel 2007 ya.
2. ketikkan seperti di gambar berikut ini ya.
rumus diskon, diskon excel

3. setelah itu, masukkan rumus fungsi di C4 dan D4. begini rumusnya (tanpa tanda petik yah).
sel C4, "=A4*B4" sel D4, "=B4-C4"
sehingga hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.
rumus diskon, kalkulator diskon

gampang kan?

gimana kalo ingin menghitung besarnya diskon, jika yang diketahui hanya harga yang dibayar dan besarnya diskon (dalam persen)? begini penulisan rumus fungsinya.
=D4*100%/A4
keterangan :
D4     = sel harga yang dibayarkan oleh pembeli ke penjual sepatu
100% = karena ingin mengetahui harga sebenarnya.
A4     = besarnya diskon yang diberikan oleh penjual sepatu kepada pembelinya.

bagaimana hasilnya ? gampang kan?
ada lagi cara cepat mengetahui besarnya biaya yang dibayarkan, apabila kita telah mengetahui besarnya diskon (dalam persen) dan harga awal sebelum diskon. begini penulisan rumusnya. 
=Harga awal*(100%-besarnya diskon dalam persen)
kan biasanya, kita hanya pegang hp sebagai alat bantu hitung untuk mengetahui besarnya diskon yah, jangan khawatir. saya punya triknya juga kok. hehehe

seperti ini saja contohnya. misal beli tupperware harga katalog 125.000 kita mendapat diskon 20%. berapa yang dibayarkan oleh konsumen?

cara tercepat ialah dengan cara begini, =125000*80%
pasti akan langsung terlihat hasil akhir yang akan dibayarkan oleh konsumen yaitu 100000



Semoga Tutorial, Panduan merancang Formula atau Rumus Tips dan Trik dalam Belajar serta cara mengoptimalkan fungsi dasar Microsoft Excel 2007 untuk bisnis bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan sebisa dan secepat mungkin nanti akan saya tanggapi.

Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sampaikan kritik dan saran anda buat kami.