Cara Print dokumen di Microsoft Excel yang rapi

banyak orang tidak mengerti dan paham mengenai proses print file atau mencetak dokumen lembar kerja pada microsoft excel 2007. sehingga banyak ditemukan hasil print atau cetakan tidak sesuai keinginan dan ukuran kertas serta terlihat acak-acakan atau tidak rapi. kadang ada halaman yang terpotong, atau malah jadi banyak lembar yang tercetak. Bagaimana cara nya agar output print bisa bagus dan rapi sehingga enak dilihat ? berikut ini info excel akan membagikan step by step.

Sebelumnya disini saya menggunakan aplikasi buatan microsoft yaitu Microsoft Excel 2007, jadi dapat disesuaikan yah Excelnya (tapi untuk langkah-langkah hampir sama kok). ada 2 cara untuk mengatur sebuah worksheet agar dapat tercetak sesuai layar monitor. pertama adalah metode page break view, simpelnya, akan membentuk layar aktif adalah layar yang terdapat garis pembatas berwarna biru yang tercetak tebal atau cell yang sudah kita pilih saja. langkah mudah, klik tab view - page break preview.

cetak dokumen excel, print file excel, buku microsoft excel, cetak buku, pencetakan file,









selanjutnya tinggal, anda aturlah sampai batas yang diinginkan. klik dan tarik garis warna biru putus-putus sesuai pembatasnya yah. tapi sebelumnya bisa juga baca artikel cara cepat mencetak halaman tertentu pada Excel 2007.

Metode yang kedua adalah dengan mengatur margin dan size kertas serta presentase kertas.
Baik kita ke tutorial pertama dahulu yang lebih gampang dengan memakai metode Page Break.
Tutorial Cara Print file pada Microsoft Excel Pertama
1. Pastikan data telah siap untuk di print
2. Block area cell data yang ingin anda print.
3. Klik View pada sajian
4. Klik Page Break Preview
 
sesudah itu anda bisa klik arsip kemudian Print atau dapat jua dengan menekan timbol pada keyboard CTRL + P, arsip tersebut akan menyesuaikan kertas, jadi tidak akan acak-acakan.

Tutorial Cara Print file pada Microsoft Excel Kedua.

Cara yang kedua ini agk sedikit lebih ribet, tetapi yuk kita coba.
1. Siapkan data yang ingin anda print
2. Block semua data
3. Klik Page Layout kemudian Klik Setprint Area
4. Sesudah itu silahkan klik file lalu kemudian print. Tetapi kita setting dulu Page Setup Up nya.
5. Atur Scalling 

Silahkan rubah angka pada spare part Adjust To yang 100%. Rubah dengan disesuaikan saja biasanya previewnya terdapat pada kertas. Jika ketika dirubah masih terdapat banyak kekurangan, anda pula dapat mengatur Margin misalnya dalam gambar ini dia.
 
Silahkan rubah pada spare part Left, Right, Top, & button untuk menyesuaikan posisi dalam kertas. Selanjutnya jika posisi telah dianggap cukup, anda hanya tinggal print saja file tersebut.
Nah semoga artikel belajar excel mengenai Cara Print dokumen di Microsoft Excel yang rapi tentu pada beberapa data yang memakan banyak kolom tetap akan terpotong sebab banyak faktor, salah satunya data kolom terlalu lebar.

Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar, sampaikan kritik dan saran anda buat kami.