Mengenal Sel Semi Absolut

Pembahasan kali ini sesuai judul dimana berbeda dengan pembahasan sebelumnya yang mengenai Mengenal Alamat Sel Relatif. Pada pembahasan berikut yang membedakan dengan sebelumnya ialah penggunaan tanda $ (string/ dollars) pada satu area; yang terletak pada kolom atau baris. 
Mengenal Sel Semi AbsolutAtau lebih mudahnya Sel Semi Absolut tersebut dibagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu :
1. Absolut kolom, misalnya : $A1
2. Absolut baris, misalnya : A$1

Rincian mengenai absolut kolom (contoh: $A1) apabila dilakukan penyalinan alamat sel tersebut pada area yang baru, kolom yang diberi tanda absolut ($) akan tetap, namun baris yang akan merubah sesuai dengan posisi yang baru.

Mengenal Sel Semi Absolut



Pada gambar diatas dapat dibaca rumus dari sel C4, yakni =$B4+C$3, dimaksudkan untuk menjumlahkan data pada sel B4 dengan data pada sel C3. Apabila rumus tersebut disalin ke sel D4, rumus akan menjadi =$B4+D$3 begitu seterusnya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Dan apabila dilakukan penyalinan ke sel yang terdapat dibawahnya yaitu sel C5, rumus akan menjadi =$B5+C$3 dan seterusnya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dapat ditarik kesimpulan dengan memperhatikan sel B4, jika dilakukan penyalinan ke arah kanan, sel kolom B tetap terkunci, sedangkan pada baris sel ke 4, jika dilakukan penyalinan pada sel ke arah bawah akan tetap terkunci pada baris ke 4.
Salam Blogger

Comments