tag:blogger.com,1999:blog-47642143172522829572024-03-22T07:48:25.010+07:00Info Excel BlogTutorial dan Panduan merancang Formula atau Rumus Tips dan Trik dalam Belajar serta cara mengoptimalkan fungsi dasar Microsoft Excel 2007 untuk keperluan bisnisUnknownnoreply@blogger.comBlogger63125tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-33576775684231100422017-10-28T21:32:00.000+07:002017-10-28T21:32:13.228+07:00cara print excel agar judul berulang di setiap halaman secara otomatiscara print excel agar judul berulang di setiap halaman secara otomatis menjadi tips microsoft excel selanjutnya di Info Excel Blog sekarang ini. Cara membuat judul tabel yang bisa berulang secara otomatis yang telah ditentukan pada halaman microsoft excel akan terasa sekali manfaatnya ketika sedang bekerja dengan tabel excel dalam cara print excel dokumen yang banyak sekaligus. Tabel dengan barisUnknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-30270613154617624782017-09-05T04:30:00.000+07:002017-09-05T04:30:00.237+07:00Beginilah format mengetik nomor telepon pada excel 2007 ke atasSetelah sekian lama absen dari ngeblog, kali ini bermaksud share kembali mengenai pembahasan Beginilah format mengetik nomor telepon pada excel 2007 ke atas. Contohnya seperti gambar berikut.
Ada 2 fungsi atau format dalam mengetih di Excel yang dapat dimaksimalkan penggunaannya.
Beginilah format mengetik nomor telepon pada excel 2007 ke atas
Cara 1: Menggunakan Rumus Fungsi TEXT
Fungsi Unknownnoreply@blogger.com3tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-59491519013202621682015-05-01T02:39:00.000+07:002015-05-01T02:39:00.704+07:00Cara membuat tabel pada Microsoft excel 2007
Cara membuat tabel di Excel 2007 sebenarnya hampir sama dengan di Microsoft Excel versi 2003 dan 2010. Untuk versi di atasnya saya belum pernah mencoba jadi tidak berani bilang sama. Tapi saya rasa tidak akan jauh berbeda, biasanya hanya posisi menu saja yang berbeda namun tujuan sama yaitu Cara membuat tabel pada Microsoft excel 2007.
Oke, kita langsung masuk ke materi ya. Tapi akan saya Unknownnoreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-51093636718012448872015-04-29T02:25:00.000+07:002015-04-29T02:25:00.099+07:00Cara Print dokumen di Microsoft Excel yang rapi
banyak orang tidak mengerti dan paham mengenai proses print file atau mencetak dokumen lembar kerja pada microsoft excel 2007. sehingga banyak ditemukan hasil print atau cetakan tidak sesuai keinginan dan ukuran kertas serta terlihat acak-acakan atau tidak rapi. kadang ada halaman yang terpotong, atau malah jadi banyak lembar yang tercetak. Bagaimana cara nya agar output print bisa bagus dan Unknownnoreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-56611168567229522222015-04-28T02:06:00.000+07:002015-04-28T02:06:38.294+07:00Cara membuat simbol dollar ke rupiah di excel 2007
Format Accounting atau satuan atau simbol mata uang asing yang ada dalam microsoft excel hampir mencakup seluruh satuan mata uang (valas) seluruh dunia. namun, misalkan saat ini anda akan menginginkan simbol mata uang dollar ($) secara default pada lembar kerja (seperti studi kasus) microsoft excel dan menginginkan untuk merubah satuan uang dollar tersebut kedalam satuan rupiah (IDR, Indonesian Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-55034949755845701912014-10-24T07:46:00.000+07:002014-10-24T07:46:00.557+07:00Trik Shorcut AutoSumpekerjaan menjumlahkan pada microsoft excel merupakan pekerjaan paling mudah dengan menggunakan fungsi sum. pekerjaan tersebut akan menjadi lebih mudah apabila anda memiliki data yang relatif sedikit (misalkan jumlah baris kurang dari 50) cukup dengan mengetikan formula :
=sum(baris_1:baris_50)
perlu diketahui dalam penggunaan excel harus efektif dan efisien sehingga pekerjaan akan menjadi Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-80713547095331249302014-10-22T03:42:00.000+07:002014-10-22T03:42:00.043+07:00cara menampilkan isi sel berdasarkan kolom dan baris pada microsoft excel 2007terima kasih kepada Wawan Jii sebagai pembaca setia dari info excel blog yang turut berpartisipasi dalam memberikan sebuah pertanyaan sekaligus menjadi bahasan selanjutnya dengan judul cara menampilkan isi sel berdasarkan kolom dan baris pada microsoft excel 2007 sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan info excel blog. saya sebagai admin akan semaksimal mungkin menjawab pertanyaan yangUnknownnoreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-26217387828392117462014-10-21T13:30:00.000+07:002014-10-21T13:30:00.393+07:00Fungsi MatchFungsi Match digunakan pada microsoft excel pada umumnya untuk menampilkan suatu alamat sel terpilih atau ditetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. Fungsi Match masih tergolong pada fungsi lookup dan referensi.
Secara umum penulisan rumus fungsi Match adalah sebagai berikut :
=MATCH(lookup_value;lookup_array;match_type)
Keterangan :
- Lookup_value : nilai yang akan Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-19559576802884008972014-10-21T03:39:00.001+07:002014-10-21T03:42:35.567+07:00FUNGSI INDEXFungsi Index pada microsoft excel pada umumnya digunakan sebagai penampil data dari sebuah sel yang ditentukan oleh baris dan kolom dalam suatu tabel yang telah diseleksi sebelumnya. Fungsi Index masih tergolong pada fungsi lookup dan referensi. Penggunaan yang lebih spesifik akan membantu menjadikan pekerjaan pembacaan sel lebih mudah.
Secara umum penulisan rumus fungsi index adalah sebagai Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-90705844532458077752014-10-17T22:00:00.000+07:002014-10-17T22:00:07.206+07:00cara cepat mencetak halaman tertentu pada Excel 2007pengelolaan pada saat mencetak suatu dokumen file excel bukan merupakan persoalan yang sulit apabila anda sering menggunakan aplikasi office dari microsoft tersebut. mencetak dokumen secara berurutan tidak akan menjadi masalah, namun berbeda jika anda masih awam terhadap excel dan dihadapi dengan permasalahan untuk menyelesaikan cara cepat mencetak halaman tertentu pada excel 2007 tentu akan Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-15188033729168034802014-10-09T00:37:00.000+07:002014-10-09T00:37:00.141+07:00cara mencetak judul yang sama secara otomatis setiap halaman exceldibutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi dan pengetahuan yang memadai dalam memaksimalkan fasilitas yang disediakan oleh microsoft excel. akan sangat berguna dalam menyelesaikan tugas yang sedang dilakukan saat ini.
contohnya, apabila dalam pengelolaan sebuah dokumen yang berjumlah lebih dari satu halaman kemudian segera di cetak (print). untuk memudahkan pembacaan dibutuhkan judul halaman Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-57042029598375302782014-10-02T00:36:00.000+07:002014-10-02T00:36:08.412+07:00cara memindahkan sheet ke workbook laininfo excel blog yang sudah lama vakum dari perbloggingan kembali mengisi artikelnya dengan trik-trik sederhana yang membantu dalam memudahkan pengoperasian microsoft excel. kali ini, akan membagikan trik mengenai cara memindahkan sheet ke workbook lain.
cara memindahkan disini bukan hanya copy-paste saja, melainkan keseluruhan akan tersalin dengan rapi sesuai aslinya. mulai tertarik untuk Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-45186133408102561702014-06-21T00:51:00.003+07:002015-04-28T02:02:37.028+07:00MEMBUAT DAFTAR HARGA BUKUSelamat pagi, siang, sore, atau malam para pembaca setia Info Excel Blog. Pada kesempatan kali ini Info Excel akan posting artikel mengenai studi kasus yaitu “Membuat Daftar Harga Buku”. Beliau meminta dengan dibuatkan daftar harga buku dalam rangka bulan diskon. Posting tersebut berawal dari teman saya yang memiliki sebuah perpustakaan kecil namun dia mengalami kesulitan dalam penyusunan formulaUnknownnoreply@blogger.com3tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-44209567083058170352014-06-06T08:00:00.000+07:002014-06-06T08:00:02.391+07:00Tutorial singkat mencetak dokumen microsoft excel
mencetak dokumen pada microsoft excel tidak semudah mencetak dokumen pada microsoft word. pada excel, harus dilakukan pengaturan sedemikian rupa yang harus diperhatikan degan seksama sehingga output berupa print atau cetakan akan sesuai dengan yang diharapkan. dimulai dari pengaturan page, margins, header/footer, sheet dan terakhir print preview. Tentunya eksekusi terakhir print dokumen Unknownnoreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-82789453994056008992014-04-17T16:21:00.000+07:002014-04-17T16:21:33.081+07:00Cara mengisi sel pada sheet yang terprotect
setiap orang tentunya ingin agar rumus pada database tidak diketahui orang lain. berawal dari komentar seorang pembaca setia dari sobat @infoexcel07 mengenai komentar kang Idrus Muhammad pada tulisan cara proteksi cell, sheet dan workbook pada excel 2007. kali ini info excel akan memberikan jawaban mengenai pertanyaan untuk dapat Cara mengisi sel pada sheet yang terprotect. semoga dapat Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-76040488484989468392014-03-13T23:21:00.000+07:002014-03-13T23:21:57.122+07:00Cara Cepat Membuat Column Chart pada Microsoft Excel 2007
sobat info excel pastinya sudah mengenal apa itu chart dan bagaimana membuatnya. Cara Cepat Membuat Column Chart pada Microsoft Excel 2007 akan menjadi pokok pembahasan dalam pembuatanya agar mudah dipahami. Chart atau sering disebut grafik adalah salah satu fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang sangat populer dan penting. Melalui chart sebuah laporan dapat dibaca dengan cepat karena Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-17846925333515822472014-03-04T01:27:00.000+07:002014-03-13T23:25:28.518+07:00Membuat Laporan Penjualan Barang Elektronik
Pada kesempatan ini, @infoexcel07 akan membahas mengenai studi kasus dalam membuat laporan penjualan barang elektronik. Laporan penjualan penting untuk diketahui seberapa besar permintaan pada periode tertentu agar dalam periode berikutnya dapat dilakukan peramalan untuk menyiapkan stok demi tercapainya target penjualan yang diperoleh masing-masing sales officer. informasi tersebut meliputi :
Unknownnoreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-90685817885221088272014-03-01T01:44:00.000+07:002014-03-13T23:26:01.909+07:00Membuat Laporan Pembangunan Proyek Perumahan
@infoexcel07 Membuat laporan pembangunan proyek perumahan pada sebuah pengembang industri properti di Jakarta, misalkan saja PT. XXX telah bertahun-tahun membangun proyek perumahan. periode selama delapan tahun PT. XXX telah mencerminkan perkembangan aktivitas pengembangan pembangunan proyek perumahan. pada tabel tersebut terdapat informasi detail mengenai jumlah rumah yang dibangun selama Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-8717949443041200592014-02-27T01:34:00.000+07:002014-03-13T23:23:35.138+07:00Membuat Laporan Penjualan Buku Pendidikan
@infoexcel07 akan membahas bermacam studi kasus untuk bidang bisnis yang sifatnya umum atau sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari agar mudah dalam pemahaman sehingga dalam kegiatan di lapangan akan mudah digunakan. pembahasan akan selalu dimulai dengan permasalahan, memberikan contoh layout output hasil yang diinginkan, kemudian memberikan langkah-langkah dalam pembuatannya agar dapat Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-32638337979967894132014-01-28T14:00:00.000+07:002014-01-28T14:00:25.891+07:00Cara Cepat Menghitung Bilangan Kelipatan pada Microsoft Excel
Lama sekali info-excel absen dari dunia blogging, kangen banget sih dengan melakukan share informasi walaupun hanya sebatas cara cepat menghitung bilangan kelipatan pada microsoft excel. Tetap berprinsip pada Tutorial dan Panduan merancang Formula atau Rumus Tips dan Trik dalam Belajar serta cara mengoptimalkan fungsi dasar Microsoft Excel 2007 untuk keperluan bisnis maupun untuk belajar saja. Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-12226986571649369342013-12-21T12:28:00.000+07:002013-12-21T12:28:01.327+07:00Fungsi Paste Special pada Microsoft Excel
bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi kantor (office) jenis excel ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan fungsi paste special pada microsoft excel. ada banyak pilihan untuk menaruh (paste) hasil salin (copy) dari suatu sel ke sel yang dituju. sedikit informasi untuk yang baru mengenal, menggunakan dan masih tergolong kategori pemula seperti saya ini ada baiknya untuk mengetahui apa Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-82942787843079566052013-11-10T13:13:00.000+07:002013-11-10T13:13:34.264+07:00Cara Menghitung Diskon Excel 2007
siapa pembeli yang tidak menyukai kata DISKON ? menjelang akhir tahun biasanya di mall, supermarket, dan tempat perbelanjaan akan ramai dikunjungi pembeli. mengapa demikian? karena pembeli akan menikmati sebuah potongan harga dari produk, sehingga biaya yang dikeluarkan semakin kecil. Info Excel akan berbagi trik mengenai cara mencari diskon dengan cepat pada Excel 2007. Anda dapat menghitung Unknownnoreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-78054745861133661432013-11-03T01:50:00.000+07:002013-11-07T17:18:57.009+07:00Fungsi Statistik (Statistical Function)
Fungsi Statistik pada Microsoft Excel 2007 merupakan kategori fungsi yang paling sering digunakan dalam penggunaan rumus fungsi dalam Microsoft Excel. sebenarnya macam dari fungsi statistik yang disediakan excel 2007 ini banyak. Saya hanya akan membahas yang paling sering digunakan sehingga dalam mempraktekkan fungsi statistik ini tidak mengalami kesulitan. nantinya, saya akan memberikan contoh Unknownnoreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-6426728451566712522013-11-01T09:00:00.000+07:002013-11-10T10:24:22.407+07:00Fungsi String (Text)
#InfoExcel07 kembali dengan menuliskan fungsi string. apa sih fungsi string itu? Fungsi string ata fungsi teks adalah fungsi yang menempatkan dan mengolah data dengan format teks (text) pada lembar kerja dalam kasus ini saya menggunaakn Microsoft Excel 2007. Fungsi string dapat juga di fungsikan untuk merubah karakter pada cell tertentu dan memanggil cell tersebut untuk digunakan sebagai Data Unknownnoreply@blogger.com3tag:blogger.com,1999:blog-4764214317252282957.post-37985706241919379902013-10-30T05:09:00.000+07:002017-10-28T21:49:30.758+07:00cara menghitung bilangan pangkat dan akar pada excel 2007
kenapa saya membuat tulisan mengenai pangkat dan akar? jawabnya simpel sekali. ada seorang teman, sewaktu zaman SMA dulu (walaupun saya bukan SMA, tapi SMK). teman saya bertanya mengenai perhitungan excel 2007 menggunakan rumus untuk pangkat dan akar. ya, mungkin dia sedang dalam permasalahan dengan perhitungan rumus akar excel dan pangkat. sekalian saja, dari apa yang telah saya sampaikan ke Unknownnoreply@blogger.com21